Mengenal Spyware, Malware, Keylogger, Trojan

virengalerie_illus_virus

Mungkin anda semua udah sering mendengar istilah diatas, tapi sudah anda tau arti dari semua itu???. Saya ingin sedikit mengulas apa pengertian dari semua itu :

Spyware
bukan virus, tapi ia bisa meng-install dirinya ke dalam komputer objeknya dengan tujuan mencuri data pemilik komputer tersebut, yang kemudian data-data tersebut dijual kepada pihak ketiga untuk digunakan sebagai email spam. Konon, harga data email bisa mencapai ribuan dollar AS (ada ribuan data tentunya).
Malware
diciptakan untuk menemukan kelemahan sebuah software. Trojan, Worm atau Virus bisa dikategorikan sebagai Malware. Software iklan bisa menjadi malware karena berusaha meng-install dirinya kembali setelah dihapus dari komputer. Malware yang cukup berbahaya adalah jenis Dialer, karena ia bisa membuat internet kita terkoneksi tanpa kita perintahkan.
Keylogger
bisa mencuri data-data kartu kredit kita dangan merekam penekanan tombol keyboard. Karena itu, berhati-hatilah ketika mengetikkan data-data kartu kredit ketika sedang berselancar internet.
Trojan
yang bertujuan merusak sistem komputer.
Dan masih banyak lagi ancaman-ancaman yang mengerikan lainnya. Jika anda cemas dengan pencurian data-data anda, maka tidak ada cara lain kecuali lindungi komputer anda dengan program antivirus terbaik pilihan anda yang selalu di up date.

Komentar