Kaspersky Blokir Google AdSense

Kaspersky_icon_by_jvsamonte

Kaspersky Antivirus dan Kaspersky Internet Security adalah merupakan produk yang dikeluarkan Kaspersky, banyak orang memasukan Kaspersky sebagai salaha satu Antivirus terbaik atau papan atas karena kehandalannya dalam membasi virus dan mencegah Malware yang dapat membahayakan komputer pengguna.
Tapi ada beberapa keanehan yang saya alami saat menggunakan Kaspersky Internet Security 2010, diantaranya ada beberapa situs yang diblokir terutama yang mengandung iklan, bahkan yang lebih parah beberapa hari lalu Kaspersky Internet Security yang saya gunakan selalu memunculkan pesan adaTrojan.JS.Redirector.ar saat saya akses blog ini . Hah trojan apa iya masa blog baru ini udah mengandung trojan dari mana ?, setelah memperhatikan baik-baik ternyata peringatan palsu atau salah deteksi virus berasal dari script google Adsense. Karena kebetulan template ini sudah dilengkapi script untuk Adsense, karena cape melihat peringatan KIS 2010 akhirnya satu persatu script Adsense saya buang dan masalahpun lenyap.

Ko bisa google Adsense mengandung trojan cukup aneh kalau google menyebarkan trojan, ahirnya saya coba cari informasi tentang hal ini, ternyata Kaspersky memang mengakui salah mendeteksi google adsense sebagai trojan dan hal ini telah diperbaiki.

Beberapa produk Kaspersky yang salah deteksi virus diantaranya Kaspersky Internet Security 2010 yang dipengaruhi, tetapi juga pengguna Kaspersky Anti-Virus 2010, Kaspersky Internet Security 2009, Kaspersky Anti-Virus 2009 dan Kaspersky Anti-Virus 6.0 untuk Windows Workstations MP4. Dan ini adalah jenis-jenis trojan yang sering muncul saat Kaspersky salah deteksi:
- Backdoor.Win32.Hupigon.jrpd,
- Trojan.Win32.Generic,
- Trojan.Win32.Swisyn.nik,
- Win32.KillFiles.b,
- Win32.StartPage.c,
- Win32.StartPage.d,
- Win32.StartPage.e,
- Win32.StartPage.f,
- Win32.StartPage.g.
- Win32.StartPage.h,
- Win32.Trojan-Downloader.Generic.ac,
- Win32.Trojan-Downloader.Generic.ad,
- Win32.Trojan-Downloader.Generic.ai.

Pantas saja kalau kasusnya salah deteksi seperti ini karena selain Google AdSense masih ada beberapa situs yang memasang iklan selalu dianggap sudah terinfeksi Trojan.JS.Redirector.ar. Menurut pihak Kaspersky masalah ini sudah diatasi. Mudah-mudahan hal seperti ini tidak terjadi lagi karena beberapa hari lalu saya malah harus sampai restart PC setelah Kaspersky mendeteksi Win32.Trojan-Downloader.Generic.ai dari salah satu blog yang saya kunjungi.

Komentar